Pengalaman Pertama Pakai Ahrefs

Pengalaman pertama pakai ahrefs

Malam ini saya ingin membagikan pengalaman pertama saya menggunakan sebuah tools SEO yang namanya sudah tidak asing di telinga, ahrefs.

Tools ini berbeda dengan tools seo yang sudah saya pakai sebelumnya, karena yang satu ini harganya mahal!

Saya membeli tools ini di salah satu marketplace item virtual asal Indonesia. Dengan mengeluarkan uang beberapa $ USD, akhirnya saya pun bisa mencicipi “Tools SEO Kelas Premium” selama kurang lebih 7 hari (1 minggu).

Dan inilah yang muncul dibenak saya saat pertama kali menggunakan

Gila! Lengkap benar database mereka. Loading super cepat, pasti servernya canggih!

Banyak hal gila yang bisa digunakan dengan tools ini, pantaslah harganya mahal!

Jenis akun yang saya gunakan itu masih paket Standard, itupun yang trial 7 hari, yang harga aslinya $179 per bulan. Paket termahal adalah Agency seharga $999 per bulan.

5 Tools Utama

Di Ahrefs ada banyak sekali fitur yang ditawarkan. Fitur tersebut dikategorikan ke 5 tools besar, yakni sebagai berikut :

1. Site Explorer

Masukkan URL/domain sebuah website, bisa milik kita ataupun milik kompetitor. Boom!

Semua backlink, keyword andalan mereka dapat kita lihat dengan jelas.

Beberapa jam setelah menggunakan pertama kali, saya baru sadar, kalau fitur seperti ini ada di Ubersuggest, tapi ini versi BIG databasenya.

Dengan paket yang saya gunakan, saya bisa mencari data 100/domain perhari dan 500 URL/harinya.

2. Keyword Explorer

Ketik sebuah kata kunci, dan puluhan, ratusan, ribuan, bahkan ratusan ribu keyword akan muncul lengkap dengan data jumlah pencari per bulannya.

Fitur paling bermanfaat disini adalah filter, kita bebas memfilter KD, jumlah pencari, kata kunci yang mengandung suatu kata, dan banyak lagi!

Dengan paket ini, saya bisa melakukan eksplorasi 100 keyword per harinya.

3. Site Audit

Melakukan audit terhadap website yang kita masukkan dalam project. Dengan paket ini saya bisa memasang sampai 10 project.

4. Content Explorer

Mirip seperti mesin pencari pada umumnya, tapi semua terdata dengan baik. Ketikkan kata kunci, maka semua hasil yang muncul sudah dilengkapi dengan banyak data, mulai dari jumlah pencarian, KD, hingga jumlah share di sosial media.

Dengan paket ini, saya bisa mencari hingga 100 kata kunci per harinya.

5. Rank Tracker

Sayangnya saya harus berlangganan Rank Tracker Pro terlebih dahulu, baru bisa mencicipi fitur ini. Jadi saya tidak bisa menggunakannya.

Kesimpulan Akhir

Ada harga, ada kualitas. Tools ini benar-benar layak harganya mahal, mengingat fitur yang dimiliki, dan potensi yang bisa kita gali dengan bantual tools ini. Saya harus membelinya lagi suatu hari!

Thanks~

Comment

Your email address will not be published.